Komentar Terakhir

Kategori

Embung & Gunung Nglangeran

Embung Ngalangeran

Desa Nglangeran, kec.Patuk, kab. Gunung Kidul, Yogyakarta

Salah satu sudut embung Nglangeran

 

Embung Nglangeran merupakan embung buatan (telaga tadah hujan)  yang berada di atas bukit. Embung ini selain sebagai tempat wisata juga berfungsi sebagai untuk mengairi kebun buah di kawasan Nglangeran.

Embung ini terdapat di dalam kawasan Geopark Gunung api purba Ngalangeran tepatnya sekitar 2 km tenggara Gunung Nglangeran.

Letaknya yang berada diatas bukit menyuguhkan pemandangan indah luar biasa, di sekeliling embung terdapat pepohonan hijau dan sawah, selain itu mata akan dimanjakan oleh pemandangan jajaran tebing  pegunungan sewu.

Air yang tenang di embung Nglangeran

Pemandangan di sekitar embung Nglangeran

Pengunjung tidak diperbolehkan berenang, mandi, maupun naik perahu di embung ini, namun pemandangan yg disuguhkan cukup memuaskan untuk berfoto ria.

Bagi Anda yang tidak suka panas dan ingin melihat sunset disarankan sampai di lokasi pukul 4 sore, matahari sudah condong ke arah barat dan tinggal menunggu moment sunset tiba. Anda juga  dapat menaiki bukit kecil di sekitar embung untuk mendapatkan foto dari atas embung. Bila Anda lelah, Anda dapat beristirahat di gazebo yang terdapat di sekitar  embung.

Berfoto di sekitar embung

Untuk menuju Embung Ngalangeran dibutukan wakti sekitar 1,5 jam dengan menggunakan motor/mobil.

dari Jogja menuju jalan raya Wonosari lalu melewati bukit bintang, pada perempatan Patuk ambil arah kiri dan ikuti petunjuk jalan menuju Embung Nglangeran (Kawasan Gunung api purba Nglangeran). Cukup mudah untuk dijangkau.

Fasilitas di tempat wisata ini cukup memadai terdapat parkir mobil dan motor yang luas, toilet dan gazebo.

 

Gunung Nglangeran

desa Nglangeran, kec. Patuk, kab. Gunung Kidul, Yogyakarta

Pintu masuk kawasan ekowisata gunung api purba

Nglangeran merupakan gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun silam.

Lokasinya tidak jauh dari embung Nglangeran hanya sekitar 10 menit berkendara.

Untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan anda harus mendaki sekitar 1,5 jam menuju puncak gunung Nglangeran  yang bernama puncak gunung Gedhe yang berada di ketinggian 700 meter diatas permukaan laut.

Sesampainya di puncak akan nampak jajaran gunung batu dan tebing indah yang dikikis air, selain itu juga nampak embung Nglangeran secaraa keseluruhan. Sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan permadani hijau pepohonan, perkampungan warga, beserta sawah dan ladang.

Pemandangan dilihat dari puncak Gunung Gedhe

Embung  Nglangeran dilihat dari puncak Gunung Gedhe

Tak hanya menikmati pemandangan dari puncak gunung namun Anda juga dapat ber camping di kawasan ini

Sepanjang perjalanan menuju puncak banyak terdapat papan petunjuk jadi Anda tak perlu khawatir akan tersesat, selain itu terdapat beberapa pos untuk sekedar beristirahat.

Rasakan pula sensasi menjelajah jalan tanah nan rindang dan melewati lorong-lorong bebatuan sempit.

 

HTM siang Rp 7000

malam Rp 9000

WNA 15000

buka setiap hari 24 jam

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>